donaemons blog

14 Desember 2008

hak asasi manusia

Filed under: tugas sekolah — donaemons @ 2:49 am

1. Pengertian Hak

Hak adalah kewenangan untuk bertindak Hak merupakan hal yang penting dalam kehidupan sehari hari.Apabila setiap orang bersedia bertindak sesuai haknya,ketertiban masyarakat akan terwujud.sebaliknya bila orang bertindak tidak sesuai dengan haknya,ketertiban masyarakat akan terganggu.

Dalam kehidupan sehari hari,orang bisa saja melakukan suatu tindakan tanpa hak.Jika hal itu dilakukan,pastilah orang tersebut akan menerima sanksi.

2. Pengertian HAM

HAM adalah kebebasan seseorang untuk bertindak sesuai dengan hati nuraninya berkenaan dengan hal hal yang asasi atau mendasar atau prinsipil.Hal hal yang asasi itu adalah berbagai hal yang memugkinkan manusia dapat hidup layak sebagai manusia.

HAM bersifat kodrati HAM adalah kodrat seseorang sebagai manusia.Dengan demikian,HAM seseorang tidak bergantung pada pengakuan pihak lain.Diakui atau tidak oleh pihak lain,setiap orang tetap saja memiliki HAM.

Beberapa definisi berikut kiranya akan memperkaya pengertian mengenal HAM.

A.HAM adalah hak yang dimiliki manusia bukan karena diberikan kepadanya oleh masyarakat,jadi bukan karena hukum positif yang berlaku,melainkan berdasarkan martabatnya sebagai manusia.Manusia memilikinya karena ia manusia (FRANZ MAGNIS-SUSENO)

B.HAM adalah hak yang dimiliki oleh semua umat manusia disegala masa dan disegala tempat karena keutamaan keberadaannya sebagai manusia (A.J.M.MILNE).

C.HAM adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugrah-Nya yang wajib dihormati,dijunjung tinggi dan dilindungi oleh Negara,hokum,pemerintah,dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia (Pasal 1 Butir 1 UU No.39 tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia Pasal 1 butir 1 UU No.26 tahun 2000 tentang pengadilan Hak Asasi Manusia)

3. Macam Macam HAM

Cakupan Ham amat luas,seluas kehidupan manusia.Adapun kedua macam HAM itu adalah :

A. HAM yang berkenaan dengan kehidupan sipil dan politik.Hak hak ini pada umumnya merupakan hak hak yang mewajibkan suatu Negara agar menahan diri dari tindakan atau campur tangan terhadap kehidupan individi-individu atau kelompok kelompok masyarakat.

B. HAM yang berkenaan dengan kehdupan dibidang ekonomi,social,dan budaya.Hak in pada umumnya merupakan hak yang mewajibkan Negara menyediakan sarana –prasarana karena individu tidak bisa menyediakannya sendiri.

Berbeda dari pembedaan HAM berdasarkan 2 instrumen HAM internasional tersebut diatas, FRANZ MAGNIS-SUSENO membedakan HAM kedalam 4 macam.Pembedaan ini cukup bermanfaat untuk memperdalan pemahaman mengenal HAM.Adapun 4 macam HAM tersebut adalah sebagai berikut.

A.Hak hak asasi negative atau liberal

Hak negative atau liberal merupakan inti Hak Asasi Manusia.Termasuk dalam hak ini,antara lain adalah : hak atas hidup,keutuhan jasmani,kebebasan bergerak,kebebasan memilih jodoh,perlindungan atas hak milik,hak untuk mengurus rumah tangga sendiri,hak kebebasan beragama,kebebasan untuk mengikuti suara hati.

B.Hak Asasi aktif atau demokratis

Hak ini didasarkan pada keyakinan bahwa semua orang sama derajatnya.Hak ini didasarkan pada pandangan tentang kedaulatan rakyat.Dalam arti bahwa pemerintah harus berada dibawah kekuasaan rakyat.Inti dari Hak Asasi ini adalah bahwa setiap orang memiliki hak untuk turut serta menentkan arah perkembangan masyarakat tempat ai hidup.


C.Hak Asasi Positif

Hak ini merupakan kebalikan dari Hak negative.Hak negative cenderung menolak campur tangan Negara.Sebaliknya,Hak positif justu menuntut prestasi-prestasi tertentu dari Negara.

D.Hak Asasi Sosial

Hak asasi ini merupakan perluasan dari Hak Asasi positif.Hak ini pada dasarnya merupakan hak warga Negara untuk memperoleh keadilan dibidang ekonomi dan budaya.

Instrumen hukum Ham nasional dan internasional

Indonesia adalah Negara hukum.Karena itu,ada sejumlah produk hukum yang mengatur masalah HAM.Berbagai peraturan hukum tersebut biasa diebut instrument HAM.

1.Instrumen Hukum HAM Nasional

Peraturan perundang undangan mengenai HAM paling penting yang merupakan produk hukum Indonesia sendiri adalah ketentuan ketentuan mengenai HAM sebagaimana terdapat dalam Undang-Undand Dasar 1945 (UUD 1945).

Dalam amandemen kedua,telah ditambah sejumlah ketentuan mengenai HAM.Ketentuan tersebut tercantum dalam BAB XA “Hak Asasi Manusia”.

Adapun ketentuan ketentuan dalam konstitusi yang ditujukan kepada pemerintah adalah,sebagai berikut;

A.Perlindungan,pemajuan,penegakan,dan pemenuhan hak asasi manusia adalah tanggung jawab Negara,terutama pemerintah (ps, 28 I:4)

B.Untuk menegakkan dan melindungi Hak Asasi Manusia sesuia dengan prinsip Negara hukum yang demokratis,pelaksaan hak asasi manusia,dijamin,diatur,dan dituangkan dalam peraturan perundang-undgan (ps 28 I:5)

C.Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masig dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya (ps 29:2)

Peraturan perundang-undangan yang berlaku,ada beberapa peraturan perundang undangn yang secara khusus mengatur tentang HAM.Peraturan perundang-undangan ini menjadi acuan utama dalam perlindungan HAM di Indonesia.Peraturan perundang-undangan itu meliputi

· Ketetapan MPR No.XVII/MPR / 1998 tentang Hak Asasi Manusia.

· Undang-Undang No.36 tahun1996 tentang Hak Asasi Manusia.

· Undang-undang No.26 tahun 2000 tentang pengadilan Hak Asasi Manusia.

· Undang-undang No.9 tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat dimuka umum.

2.Instrumen hukum HAM Internasional

Selain berbagai peraturan perundang undangan sebagai mana disebutkan diatas,perlindungan HAM juga dilaksanakan dengan mengacu pada berbagai instrument HAM Internasional.Sampai sekarang,ada begitu banyak instrument hukum HAM Internasional.Beberapa Instrumen Hukum HAM Internasional itu adalah sebagai berikut.

A.Hukum Kebiasaan

B.Piagam PBB

C.The International Bill of human rights

D.Traktat-traktat pada bidang khusus HAM

About these ads

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The Banana Smoothie Theme. Blog pada WordPress.com.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: