donaemons blog

14 Desember 2008

Membentuk Dada Bidang Pria Idaman

Filed under: fitness exercise — donaemons @ 3:17 am

PRIA dengan otot bisep pada lengan yang terlihat menonjol menjadi pemandangan yang semakin sering terlihat. Apalagi, jika ditambah dengan bentuk dada bidang dan perut rata. Decak kagum sering terlontar dari orang-orang yang melihatnya, terutama dari kaum hawa.

Meraih impian memiliki bentuk tubuh ideal ternyata bukan perkara sulit. Dengan latihan teratur dan berkualitas, ditunjang pola makan dan istirahat teratur, niscaya tubuh bagian atas (upper body) akan memiliki bentuk ideal.

Menurut instruktur fitness Yhi Spa Gran Melia Jakarta Haris Anggara Dharma, membentuk tubuh bagian atas, khususnya untuk pria, perlu memperhatikan tiga bagian, yaitu dada, lengan, dan perut. Dengan demikian, latihan bisa dikonsentrasikan pada tiga bagian tersebut untuk mendapatkan hasil optimal. ”Khusus dada, ada tiga bagian, yaitu otot mayor, minor, dan bawah. Latihan yang dapat dilakukan, antara lain chess press, butterfly, pull over. Gerakan ini juga bisa divariasikan menggunakan dumbel atau alat mesin,” ujar Angga, sapaan instruktur fitness sekaligus personal trainer ini.

Untuk melatih otot bisep pada lengan,dapat dilakukan latihan bisep curl, alternate curl, dan concentration curl. Ketiga latihan ini memerlukan dumbel pada kedua lengan. Atau, jika tersedia, latihan ini dapat dilakukan dengan bantuan alat. Lalu, latihan trisep press down dapat dilakukan untuk melatih otot trisep pada lengan. Angga mengatakan, umumnya, pria jarang bermasalah dengan otot trisep. Justru, wanita yang paling sering mengeluh tentang lemak yang banyak bergelambir pada lengan bagian luar tersebut.

”Kalau pria, jarang bermasalah untuk otot trisep. Dengan begitu, lebih banyak konsentrasi untuk pembentukan otot bisep agar terlihat bagus,” ungkapnya. Nah, yang perlu diperhatikan dalam latihan otot bisep dan trisep adalah berat beban. Untuk pemula, Angga menyarankan agar tidak menggunakan beban terlalu berat. Sejalan dengan terbiasanya otot berlatih, maka beban dapat dinaikkan secara bertahap.

”Biasanya, dumbel atau beban untuk wanita antara 2,5–3,5 kg, tapi kalau pria bisa lebih berat hingga 20–25 kg. Memang yang harus diperhatikan ialah levelnya, apakah termasuk beginner, intermediate, atau advance. Kalau beginner,harus pelan-pelan. Kalau sudah mulai terbiasa, baru ditambah beratnya,” papar pria bertubuh ideal tersebut.

Penambahan beban latihan secara bertahap sangat penting diperhatikan. Pasalnya, jika tubuh diberikan beban berlebihan saat yang tidak tepat, justru dapat meningkatkan risiko cedera. ”Tidak bisa tubuh langsung diberikan beban berat, justru badan terasa sakit. Biasanya, hal ini yang membuat orang malas datang latihan lagi. Apalagi, orang yang sama sekali belum pernah latihan, kalau diberi beban berat, biasanya tidak akan kembali latihan,” tutur Angga.

Khusus untuk melatih otot bisep dan trisep, Angga memberikan tips, yaitu dengan melatih otot tersebut secara bergantian pada hari yang berbeda. Hal ini––terutama––untuk menghindari beban berlebihan pada otot.

”Bisa juga untuk melatih otot bisep dan trisep pada hari yang sama, tapi bedakan bebannya, misalnya, hari ini lebih berkonsentrasi pada otot bisep. Kemudian, keesokan hari berkonsentrasi pada otot trisep,”sarannya. Tentu untuk memiliki bentuk ideal dari tubuh bagian atas, perut rata atau dikenal dengan six pack, menjadi suatu hal yang perlu dimiliki. Latihan abdominal crunch dengan atau tanpa bantuan mesin dan toe touch dapat menjadi pilihan.

”Kalau rutin latihan sekitar 3–4 kali seminggu sekitar 45–60 menit, sekitar enam bulan sudah mulai bisa terlihat bentuknya. Ditambah dengan pola makan yang bagus dan istirahat cukup.Tidak perlu latihan berjam-jam, yang penting kualitas latihan bagus,”ucapnya.

Sementara itu, Fitness Specialist Ian Lee mengatakan, banyak pria melakukan gerakan yang hampir serupa setiap kali berlatih, terutama yang sudah masuk dalam kategori advance. ”Alasan utama yang biasa ditemui ialah mereka sudah memiliki gerakan favorit yang dirasakan harus dilakukan setiap kali berlatih atau terlalu malas melakukan gerakan yang berbeda,” ungkap Ian dalam http://www.askmen.com.

About these ads

9 Komentar »

  1. wah org pertama neh!!! btw, knpa gk ada gambar’a bro.. jd yg baca blog ini kan lebih paham apa yg dimaksud dg “bisep curl” ma saudara2’a yg laen.. sebenar’a gk perlu mesti nunggu lama hasil’a karna dlm waktu 1bulan az uda bakal keliatan hasil’a.. itu tergantung sejauh mana qta memahami tubuh qta sendiri n sejauh mana niat qta ingin mewujudkan itu.. aq uda lat 1bulan n aq lat min4x seminggu lalu otot2 di badan aq uda mulai keliatan hasil’a.. mari cintai diri qta sendiri.

    Komentar oleh joevil — 30 Januari 2009 @ 5:16 am

  2. kalau mau lebih jelas silahkan kunjungi l-men.com ok.

    Komentar oleh donaemons — 30 Januari 2009 @ 8:26 am

  3. Klo bb gw 56kg, berat tubuh ideal gw berapa bro..

    Komentar oleh Frans — 22 Mei 2010 @ 7:25 am

  4. maaf saya ga tau soal itu

    Komentar oleh donaemons — 4 Juni 2010 @ 3:20 pm

  5. adakah dengan memakan jus pisang tiap hari bisa nambahkan berat badan gue??

    Komentar oleh Jaeson — 5 Oktober 2010 @ 7:46 am

  6. wah mulai punya minat bodybuilding nih

    Komentar oleh dealer pulsa — 4 Februari 2011 @ 6:23 am

  7. Hi there, this weekend is pleasant in favor of me, as this time
    i am reading this great informative paragraph here at my residence.

    Komentar oleh Body Lotion Reviews — 21 Juli 2012 @ 8:07 am

  8. First of all I want to say great blog! I had a quick question
    in which I’d like to ask if you do not mind. I was curious to know how you center yourself and clear your head prior to writing. I have had a difficult time clearing my mind in getting my ideas out. I truly do take pleasure in writing however it just seems like the first 10 to 15 minutes are usually wasted just trying to figure out how to begin. Any ideas or tips? Thank you!

    Komentar oleh Firewall — 19 Oktober 2012 @ 8:01 pm

  9. Marvelous, what a weblog it is! This website provides helpful information to us, keep
    it up.

    Komentar oleh medical cannabis sacramento — 8 Juli 2013 @ 12:14 am


Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The Banana Smoothie Theme. Buat website atau blog gratis di WordPress,com.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: