donaemons blog

29 Januari 2009

pelanggaran – pelanggaran HAM di indonesia

Filed under: tugas sekolah — donaemons @ 2:17 pm

PELANGGARAN – PELANGGARAN HAM DI INDONESIA

1. PELANGGARAN HAM OLEH TNI

semanggi_011umumnya terjadi pada masa pemerintahan Presiden Suharto, dimana (dikemudian hari berubah menjadi TNI dan Polri) menjadi alat untuk menopang kekuasaan. Pelanggaran HAM oleh TNI mencapai puncaknya pada akhir masa pemerintahan Orde Baru, dimana perlawanan rakyat semakin keras.

2. KASUS PELANGGARAN HAM YANG TERJADI DI MALUKU

11Konflik dan kekerasan yang terjadi di Kepulauan Maluku sekarang telah berusia 2 tahun 5 bulan; untuk Maluku Utara 80% relatif aman, Maluku Tenggara 100% aman dan relatif stabil, sementara di kawasan Maluku Tengah (Pulau Ambon, Saparua, Haruku, Seram dan Buru) sampai saat ini masih belum aman dan khusus untuk Kota Ambon sangat sulit diprediksikan, beberapa waktu yang lalu sempat tenang tetapi sekitar 1 bulan yang lalu sampai sekarang telah terjadi aksi kekerasan lagi dengan modus yang baru ala ninja/penyusup yang melakukan operasinya di daerah – daerah perbatasan kawasan Islam dan Kristen (ada indikasi tentara dan masyarakat biasa).

Penyusup masuk ke wilayah perbatasan dan melakukan pembunuhan serta pembakaran rumah. Saat ini masyarakat telah membuat sistem pengamanan swadaya untuk wilayah pemukimannya dengan membuat barikade-barikade dan membuat aturan orang dapat masuk/keluar dibatasi sampai jam 20.00, suasana kota sampai saat ini masih tegang, juga masih terdengar suara tembakan atau bom di sekitar kota.

Akibat konflik/kekerasan ini tercatat 8000 orang tewas, sekitar 4000 orang luka – luka, ribuan rumah, perkantoran dan pasar dibakar, ratusan sekolah hancur serta terdapat 692.000 jiwa sebagai korban konflik yang sekarang telah menjadi pengungsi di dalam/luar Maluku.

Masyarakat kini semakin tidak percaya dengan dengan upaya – upaya penyelesaian konflik yang dilakukan karena ketidak-seriusan dan tidak konsistennya pemerintah dalam upaya penyelesaian konflik, ada ketakutan di masyarakat akan diberlakukannya Daerah Operasi Militer di Ambon dan juga ada pemahaman bahwa umat Islam dan Kristen akan saling menyerang bila Darurat Sipil dicabut.

Banyak orang sudah putus asa, bingung dan trauma terhadap situasi dan kondisi yang terjadi di Ambon ditambah dengan ketidak-jelasan proses penyelesaian konflik serta ketegangan yang terjadi saat ini.

Komunikasi sosial masyarakat tidak jalan dengan baik, sehingga perasaan saling curiga antar kawasan terus ada dan selalu bisa dimanfaatkan oleh pihak ketiga yang menginginkan konmflik jalan terus. Perkembangan situasi dan kondisis yang terakhir tidak ada pihak yang menjelaskan kepada masyarakat tentang apa yang terjadi sehingga masyrakat mencari jawaban sendiri dan membuat antisipasi sendiri.

Wilayah pemukiman di Kota Ambon sudah terbagi 2 (Islam dan Kristen), masyarakat dalam melakukan aktifitasnya selalu dilakukan dilakukan dalam kawasannya hal ini terlihat pada aktifitas ekonomi seperti pasar sekarang dikenal dengan sebutan pasar kaget yaitu pasar yang muncul mendadak di suatu daerah yang dulunya bukan pasar hal ini sangat dipengaruhi oleh kebutuhan riil masyarakat; transportasi menggunakan jalur laut tetapi sekarang sering terjadi penembakan yang mengakibatkan korban luka dan tewas; serta jalur – jalur distribusi barang ini biasa dilakukan diperbatasan antara supir Islam dan Kristen tetapi sejak 1 bulan lalu sekarang tidak lagi juga sekarang sudah ada penguasa – penguasa ekonomi baru pasca konflik.

Pendidikan sangat sulit didapat oleh anak – anak korban langsung/tidak langsung dari konflik karena banyak diantara mereka sudah sulit untuk mengakses sekolah, masih dalam keadaan trauma, program Pendidikan Alternatif Maluku sangat tidak membantu proses perbaikan mental anak malah menimbulkan masalah baru di tingkat anak (beban belajar bertambah) selain itu masyarakat membuat penilaian negatif terhadap aktifitas NGO (PAM dilakukan oleh NGO).

Masyarakat Maluku sangat sulit mengakses pelayanan kesehatan, dokter dan obat – obatan tidak dapat mencukupi kebutuhan masyarakat dan harus diperoleh dengan harga yang mahal; puskesmas yang ada banyak yang tidak berfungsi.

Belum ada media informasi yang dianggap independent oleh kedua pihak, yang diberitakan oleh media cetak masih dominan berita untuk kepentingan kawasannya (sesuai lokasi media), ada media yang selama ini melakukan banyak provokasi tidak pernah ditindak oleh Penguasa Darurat Sipil Daerah (radio yang selama ini digunakan oleh Laskar Jihad (radio SPMM/Suara Pembaruan Muslim Maluku).

3. PELANGGARAN HAM ATAS NAMA AGAMA

1580874288477cc2304c575

Kita memiliki banyak sejarah gelap agamawi, entah itu dari kalangan gereja Protestan maupun gereja Katolik, entah dari aliran lainnya. Bahwa kadang justru dengan simbol agamawi, kita melupakan kasih, yaitu kasih yang menjadi ‘atribut’ Tuhan kita Yesus Kristus. Hal-hal ini dicatat dalam buku sejarah dan beberapa kali kisah-kisah tentang kekejaman gereja difilmkan. Salah satu contohnya dalam film The Scarlet Letter, film tentang hyprocricy Gereja Potestan yang ‘menghakimi’ seorang pezinah dan kelompok-kelompok yang dianggap bidat, adalagi film The Magdalene Sisters, juga film A Song for A Raggy Boy, The Headman,   “The Name of the Rose” , dan masih banyak lainnya. Kini, telah hadir film yang lumayan baru, yang diproduksi oleh Saul Zaentz dan disutradarai oleh Milos Forman, dua nama ini cukup memberi jaminan bahwa film yang dibuat mereka selalu bagus yaitu film GOYA’s GOST.

Mungkin saja film GOYA’s GOST ini akan membuat ‘marah’ sebagian kelompok, namun apa yang dikemukakan oleh Zaentz dan Forman, sebagaimana kekejaman “Inkuisisi” telah tercatat dalam sejarah hitam Gereja. Kisah-kisah kekejamannya juga terekam dalam lukisan-lukisan karya Seniman Spanyol Francisco Goya (1746–1828 ), yang menjadi tokoh sentral dari film GOYA’s GOST ini.

Kita telah mengenal banyak sekelompok manusia dengan atribut agama, berlindung dalam lembaga agama, mereka justru melakukan kejahatan kemanusiaan (crimes against humanity) entah itu Kristen, Islam atau agama apapun. Atas nama ‘agama yang suci’ mereka melakukan ‘pelecehan yang tidak suci’ kepada sesamanya manusia. Akhir abad 20 atau awal abad 21, akhir-akhir ini kita disuguhi sajian-sajian berita akan kebobrokan manusia yang beragama melanggar hak asasi manusia, misalnya kelompok Al-Qaeda dan sejenisnya menteror dengan bom, dan olehnya mungkin sebagian dari kita telah prejudice menempatkan orang-orang Muslim di sekitar kita sama jahatnya dengan kelompok ‘Al-Qaeda’. Di sisi lain Amerika Serikat (AS) sebagai ‘polisi dunia’ sering memakai ‘isu terorisme yang dilakukan Al-Qaeda’ untuk melancarkan macam-macam agendanya. Invasi AS ke Iraq, penyerangan ke Afganistan dan negara-negara lain yang disinyalir ‘ada terorisnya’. Namun kehadiran pasukan AS dan sekutunya di Iraq tidak berdampak baik, mungkin pada awalnya terlihat AS dengan sejatanya yang super-canggih menguasai Iraq dalam sekejap, namun pasukan mereka babak-belur dalam ‘perang-kota’, ini mengingatkan kembali sejarah buruk, dimana mereka juga kalah dalam perang gerilya di Vietnam. Kegagalan pasukan AS mendapat kecaman dari dalam negeri, bahkan sekutunya, Inggris misalnya. Tekanan-tekanan ini membuat PM Inggris Tony Blair memilih mengakhiri karirnya sebelum waktunya baru-baru ini. Karena ia berada dalam posisi yang sulit : menuruti tuntutan dalam negeri ataukah menuruti tuan Bush.

Memang kita akui banyak kebrutalan yang dilakukan oleh para teroris kalangan Islam Fundamentalis, contoh Bom Bali dan sejenisnya di seluruh dunia. Tapi tidak menutup kemungkinan Presiden Amerika Serikat, George Bush adalah juga seorang ‘Fundamenalis’ dalam ‘Agama’ yang dianutnya, karena gaya Bush yang sering ‘secara implisit’ terbaca dimana ia menempakan dirinya sebagai penganut Kristiani yang memerangi terorisme dari para teroris Muslim Fundamentalis. Tentu saja apa-apa yang mengandung “fundamentalis” entah itu Islam/ Kristen/ agama yang lain, bermakna tidak baik.

Sebelumnya, ditengah-tengah ‘isu anti terorisme (Islam)’, sutradara Inggris, Ridley Scott memproduksi film The Kingdom of Heaven, barangkali bisa juga digunakan untuk menyindir Presiden Bush yang sering menggunakan kata “crusades” dalam pidatonya. Film The Kingdom of Heaven adalah sebuah ‘otokritik’ bagi Kekristenan, dan sajian ‘ironisme’ dari ajaran Kristus yang penuh kasih. Bahwa perang Salib yang telah terjadi selama 4 abad itu bukanlah suatu kesaksian yang baik, tetapi lebih merupakan sejarah hitam.

Dibawah ini review dari sebuah film, tentang kejahatan dibawah payung Agama, bukan berniat melecehkan suatu Agama/ Aliran tertentu, melainkan sebagai perenungan apakah perlakuan seseorang melawan/menindas orang lain yang tidak ‘seagama’ itu tujuannya membela Allah? membela tradisi? membela doktrin, ataukah membela diri sendiri?

4. PELANGGARAN HAM OLEH MANTAN GUBERNUR TIM-TIM

profil_photophp

Abilio Jose Osorio Soares, mantan Gubernur Timtim, yang diadili oleh Pengadilan Hak Asasi Manusia (HAM) ad hoc di Jakarta atas dakwaan pelanggaran HAM berat di Timtim dan dijatuhi vonis 3 tahun penjara. Sebuah keputusan majelis hakim yang bukan saja meragukan tetapi juga menimbulkan tanda tanya besar apakah vonis hakim tersebut benar-benar berdasarkan rasa keadilan atau hanya sebuah pengadilan untuk mengamankan suatu keputusan politik yang dibuat Pemerintah Indonesia waktu itu dengan mencari kambing hitam atau tumbal politik. Beberapa hal yang dapat disimak dari keputusan pengadilan tersebut adalah sebagai berikut ini.


Pertama, vonis hakim terhadap terdakwa Abilio sangat meragukan karena dalam Undang-Undang (UU) No 26/2000 tentang Pengadilan HAM Pasal 37 (untuk dakwaan primer) disebutkan bahwa pelaku pelanggaran berat HAM hukuman minimalnya adalah 10 tahun sedangkan menurut pasal 40 (dakwaan subsider) hukuman minimalnya juga 10 tahun, sama dengan tuntutan jaksa. Padahal Majelis Hakim yang diketuai Marni Emmy Mustafa menjatuhkan vonis 3 tahun penjara dengan denda Rp 5.000 kepada terdakwa Abilio Soares.


Bagi orang yang awam dalam bidang hukum, dapat diartikan bahwa hakim ragu-ragu dalam mengeluarkan keputusannya. Sebab alternatifnya adalah apabila terdakwa terbukti bersalah melakukan pelanggaran HAM berat hukumannya minimal 10 tahun dan apabila terdakwa tidak terbukti bersalah ia dibebaskan dari segala tuduhan.
Kedua, publik dapat merasakan suatu perlakuan “diskriminatif” dengan keputusan terhadap terdakwa Abilio tersebut karena terdakwa lain dalam kasus pelanggaran HAM berat Timtim dari anggota TNI dan Polri divonis bebas oleh hakim. Komentar atas itu justru datang dari Jose Ramos Horta, yang mengungkapkan kekhawatirannya bahwa kemungkinan hanya rakyat Timor Timur yang akan dihukum di Indonesia yang mendukung berbagai aksi kekerasan selama jajak pendapat tahun 1999 dan yang mengakibatkan sekitar 1.000 tewas. Horta mengatakan, “Bagi saya bukan fair atau tidaknya keputusan tersebut. Saya hanya khawatir rakyat Timor Timur yang akan membayar semua dosa yang dilakukan oleh orang Indonesia”


5. Kontroversi G30S

img_10_v05

Di antara kasus-kasus pelanggaran berat HAM, perkara seputar peristiwa G30S bagi KKR bakal menjadi kasus kontroversial. Dilema bisa muncul dengan terlibatnya KKR untuk memangani kasus pembersihan para aktivis PKI.

Peneliti LIPI Asvi Marwan Adam melihat, kalau pembantaian sebelum 1 Oktober 1965 yang memakan banyak korban dari pihak Islam, karena pelakunya sama-sama sipil, lebih mudah rekonsiliasi. ”Anggaplah kasus ini selesai,” jelasnya. Persoalan muncul ketika KKR mencoba menyesaikan pembantaian yang terjadi pasca G30S.

Asvi menjelaskan, begitu Soeharto pada 1 Oktober 1965 berhasil menguasai keadaan, sore harinya keluar pengumuman Peperalda Jaya yang melarang semua surat kabar terbit –kecuali Angkatan Bersenjata (AB) dan Berita Yudha. Dengan begitu, seluruh informasi dikuasai tentara.

Berita yang terbit oleh kedua koran itu kemudian direkayasa untuk mengkambinghitamkan PKI sebagai dalang G30S yang didukung Gerwani sebagai simbol kebejatan moral. Informasi itu kemudian diserap oleh koran-koran lain yang baru boleh terbit 6 Oktober 1965.

Percobaan kudeta 1 Oktober, kemudian diikuti pembantaian massal di Indonesia. Banyak sumber yang memberitakan perihal jumlah korban pembantaian pada 1965/1966 itu tidak mudah diketahui secara persis. Dari 39 artikel yang dikumpulkan Robert Cribb (1990:12) jumlah korban berkisar antara 78.000 sampai dua juta jiwa, atau rata-rata 432.590 orang.

Cribb mengatakan, pembantaian itu dilakukan dengan cara sederhana. ”Mereka menggunakan alat pisau atau golok,” urai Cribb. Tidak ada kamar gas seperti Nazi. Orang yang dieksekusi juga tidak dibawa ke tempat jauh sebelum dibantai. Biasanya mereka terbunuh di dekat rumahnya. Ciri lain, menurutnya, ”Kejadian itu biasanya malam.” Proses pembunuhan berlangsung cepat, hanya beberapa bulan. Nazi memerlukan waktu bertahun-tahun dan Khmer Merah melakukannya dalam tempo empat tahun.

Cribb menambahkan, ada empat faktor yang menyulut pembantaian masal itu. Pertama, budaya amuk massa, sebagai unsur penopang kekerasan. Kedua, konflik antara golongan komunis dengan para pemuka agama islam yang sudah berlangsung sejak 1960-an. Ketiga, militer yang diduga berperan dalam menggerakkan massa. Keempat, faktor provokasi media yang menyebabkan masyarakat geram.

Peran media militer, koran AB dan Berita Yudha, juga sangat krusial. Media inilah yang semula menyebarkan berita sadis tentang Gerwani yang menyilet kemaluan para Jenderal. Padahal, menurut Cribb, berdasarkan visum, seperti diungkap Ben Anderson (1987) para jenazah itu hanya mengalami luka tembak dan memar terkena popor senjata atau terbentur dinding tembok sumur. Berita tentang kekejaman Gerwani itu memicu kemarahan massa.

Karena itu, Asvi mengingatkan bahwa peristiwa pembunuhan massal pada 1965/66 perlu dipisahkan antara konflik antar masyarakat dengan kejahatan yang dilakukan oleh negara. Pertikaian antar masyarakat, meski memakan banyak korban bisa diselesaikan. Yang lebih parah adalah kejahatan yang dilakukan negara terhadap masyarakat, menyangkut dugaan keterlibatan militer (terutama di Jawa Tengah) dalam berbagai bentuk penyiksaan dan pembunuhan.

Menurut Cribb, dalam banyak kasus, pembunuhan baru dimulai setelah datangnya kesatuan elit militer di tempat kejadian yang memerintahkan tindakan kekerasan. ”Atau militer setidaknya memberi contoh,” ujarnya. Ini perlu diusut. Keterlibatan militer ini, masih kata Cribb, untuk menciptakan kerumitan permasalahan. Semakin banyak tangan yang berlumuran darah dalam penghancuran komunisme, semakin banyak tangan yang akan menentang kebangkitan kembali PKI dan dengan demikian tidak ada yang bisa dituduh sebagai sponsor pembantaian.

Sebuah sarasehan Generasi Muda Indonesia yang diselenggarakan di Univesitas Leuwen Belgia 23 September 2000 dengan tema ”Mawas Diri Peristiwa 1965: Sebuah Tinjauan Ulang Sejarah”, secara tegas menyimpulkan agar dalam memandang peristiwa G30S harus dibedakan antara peristiwa 1 Oktober dan sesudahnya, yaitu berupa pembantaian massal yang dikatakan tiada taranya dalam sejarah modern Indonesia, bahkan mungkin dunia, sampai hari ini.

Peritiwa inilah, simpul pertemuan itu, merupakan kenyataan gamblang yang pernah disaksikan banyak orang dan masih menjadi memoar kolektif sebagian mereka yang masih hidup.

Hardoyo, seorang mantan anggota DPRGR/MPRS dari Fraksi Golongan Karya Muda, satu ide dengan hasil pertemuan Belgia. ”Biar adil mestinya langkah itu yang kita lakukan.”

Mantan tahanan politik 1966-1979 ini kemudian bercerita. “saya pernah mewawancarai seorang putera dari sepasang suami-isteri guru SD di sebuah kota di Jawa Tengah. Sang ayah yang anggota PGRI itu dibunuh awal November 1965. Sang ibu yang masih hamil tua sembilan bulan dibiarkan melahirkan putera terakhirnya, dan tiga hari setelah sang anak lahir ia diambil dari rumah sakit persalinan dan langsung dibunuh.”

Menurut pengakuan sang putera yang pada 1965 berusia 14 tahun, keluarga dari pelaku pembunuhan orang tuanya itu mengirim pengakuan bahwa mereka itu terpaksa melakukan pembunuhan karena diperintah atasannya. Sedangkan Ormas tertentu yang menggeroyok dan menangkap orang tuanya mengatakan bahwa mereka diperintah oleh pimpinannya karena jika tidak merekalah yang akan dibunuh. Pimpinannya itu kemudian mengakui bahwa mereka hanya meneruskan perintah yang berwajib.

Hardoyo menambahkan: kemudian saya tanya, ”Apakah Anda menyimpan dendam?” Sang anak menjawab, ”Semula Ya.” Tapi setelah kami mempelajari masalahnya, dendam saya hilang. ”Mereka hanyalah pelaksana yang sebenarnya tak tahu menahu masalahnya.” Mereka, tambah Hardoyo, juga bagian dari korban sejarah dalam berbagai bentuk dan sisinya.

Bisa jadi memang benar, dalam soal G30S atau soal PKI pada umumnya, peran KKR kelak harus memilah secara tegas, pasca 1 Oktober versus sebelum 1 Oktober.

About these ads

173 Komentar »

  1. smua-a tergantung pada sistem yG diterapkan …

    Komentar oleh LANGSA to day — 16 Juli 2010 @ 3:47 pm

  2. keren banget, makasih yaaa udah ngebantu buat ngerjain tugas contoh pelanggaran HAM :)

    Komentar oleh zahra ferby — 4 November 2010 @ 3:17 pm

  3. kasiiian ya si korban ……………..

    Komentar oleh me2t — 1 Desember 2010 @ 12:40 pm

  4. Good banget tapi mengapa di negara kita ini banyak terjadi sepeti itu apa karena Hukum yang tidak adil

    rakyat butuh pemimpin yang adil ( saya bukan nyindir pak SBY ya) _ ( maaf pak SBY kalau merasa tersindir)
    pemerintahan yang adil

    Komentar oleh faisal — 11 Januari 2011 @ 12:02 pm

  5. nnnnnnnnnnn

    Komentar oleh Munadi Kilkoda — 20 Januari 2011 @ 1:31 am

  6. Kita ini belum merdeka. penegakan hukum juga masih pilih kasih…

    Komentar oleh Munadi Kilkoda — 20 Januari 2011 @ 1:32 am

  7. jgn ngelanggar HAM dunkkkkkkkk

    Komentar oleh ada dechh — 29 Januari 2011 @ 6:00 am

  8. thanks yh..
    lengkap bgt info ny.. :)

    Komentar oleh Icha and Mariska — 2 Februari 2011 @ 9:58 am

  9. hmm..,bgus!
    maksih y..,huh.. selesai deh tugas PKN-nya…!

    Komentar oleh Putry sari — 3 Februari 2011 @ 1:22 pm

  10. thank’s
    So, I can answer my homework

    Komentar oleh Nadhya — 7 Februari 2011 @ 8:46 am

  11. makasia,udah bantuin,
    soalnya ini untk peer pkn

    Komentar oleh alia — 7 Februari 2011 @ 12:35 pm

  12. thanks
    Dah bantu aku ngerjain tugas PKn yang bikin pusing
    ^^

    Komentar oleh Rifda Dwi Lestari — 9 Februari 2011 @ 7:49 am

  13. Tq

    Komentar oleh muhamad fajar noval — 11 Februari 2011 @ 9:07 am

  14. mksh ya ,, uda ngebantu ngerjain tugas

    Komentar oleh muhamad fajar noval — 11 Februari 2011 @ 9:08 am

  15. thanks dah bantu

    Komentar oleh KYUUBI_KNIGHT_25 — 13 Februari 2011 @ 7:44 am

  16. KASIANNNNNNNNNNN BNGET TUUUUUU SI KORBAN

    Komentar oleh ADE — 17 Februari 2011 @ 8:38 am

  17. makasih ya,atas informasinya,,,

    Komentar oleh santi mayang sari — 18 Februari 2011 @ 2:14 pm

  18. THANKYOUVERYMUCH, YOU HELP ME DOING MY HUMAN RIGHTS TASK :*:* ({})

    Komentar oleh apaya — 19 Februari 2011 @ 10:37 am

  19. thank you for the information, it is very useful for our task. once again we say thank you ┐(‘⌣’┐) ┐(‘⌣’)┌ (┌’⌣’┐) ┐(‘⌣’)┌ (┌’⌣’)┌

    Komentar oleh DAST — 19 Februari 2011 @ 10:58 am

  20. AING RUJIT KA SIA ANJING

    Komentar oleh ZAKA — 27 Februari 2011 @ 6:16 am

  21. Thank’s udah bantu ngerjain tgs sklh quw. Aqu bingung knp msh banyak masyarakat yg menderita??? negara kt kan udah merdeka

    Komentar oleh Tri junita — 6 Maret 2011 @ 6:58 am

  22. thank’s udah membuat q sadar tentank pelangaran HAM

    Komentar oleh nurul hidayati — 17 Maret 2011 @ 3:41 am

  23. akh kpn atuh politik bebas

    Komentar oleh nanda — 19 Maret 2011 @ 2:05 am

  24. thank’s udah bantu ngerjain tgs sklh aqu bingung
    knp msh banyak masyarakat yg menderita???negara kt kan udah merdeka

    Komentar oleh desy — 10 Mei 2011 @ 7:49 am

  25. Ada lagi gak soalnya ada tugas nyari 50 Pelanggaran HAM!!! :@(

    Komentar oleh Farish — 12 Mei 2011 @ 12:09 pm

  26. thank you bnget dech buat web ini mkscih udh nyelesain tgs aq….smoga qmu dpat rezki yaaaaaaaaaaaaaaaa

    Komentar oleh fahmi — 13 Mei 2011 @ 11:38 am

  27. than’s for information ^_^

    Komentar oleh indah aprilianiblablabla — 14 Juni 2011 @ 4:47 am

  28. thank’s for your information ^_^

    Komentar oleh indah aprilianiblablabla — 14 Juni 2011 @ 4:48 am

  29. aduhhh , , pripun nggih ? ?

    Komentar oleh Bangkit Ndut — 26 Juli 2011 @ 8:27 am

  30. informasi yang sangat membantu..

    Komentar oleh dhewie — 28 Oktober 2011 @ 6:44 am

  31. saya punya tugas: analisislah tentang penghormatan dan pelanggaran hak asasi manusia pada peristiwa Surabaya? bisa bantu saya…saya harus cari dimana tentang ini?

    Komentar oleh wahyus (@wahyos) — 11 November 2011 @ 1:24 pm

  32. wahh,, bntu aq uga bwt tgsn’a :)
    tanks …

    Komentar oleh Deveetha Rahayou — 20 November 2011 @ 11:28 am

  33. Tq Udah Bantu Saya Buat Tugas…Pusing Cari Tugas PKN ahirnya dpt jga…

    Komentar oleh Dannil Ramadhan — 22 November 2011 @ 4:16 am

  34. Tq Atas Informasi HAM ahirnya Ketemu jga sejak lama wkwkwk,,>,<

    Komentar oleh Dannil Ramadhan — 23 November 2011 @ 5:23 am

  35. thankzzz…
    info nha membantu bgtz…

    Komentar oleh nurul — 5 Desember 2011 @ 11:12 am

  36. Thank for information

    Komentar oleh nurul — 3 Januari 2012 @ 7:35 am

  37. ma kasih ya tlah tolongin cari in pelanggaran ham

    Komentar oleh yoppifirman — 6 Januari 2012 @ 5:22 am

  38. makasih dah bantu kerjain pr kwn…

    Komentar oleh gunawan — 10 Januari 2012 @ 11:53 am

  39. thanks sudah ngebantu untuk bikin tugas

    Komentar oleh Rizky Firdaus — 12 Januari 2012 @ 8:04 am

  40. qoq cma sedikit sih?

    Komentar oleh dzikra rahma syakira — 14 Januari 2012 @ 8:36 am

  41. MAKSIH UDAH BANTUIN TUGAS SEKOLAH…. :) :D

    Komentar oleh Angella Chrisdiar — 15 Januari 2012 @ 7:16 am

  42. makasih yach bwt info nya slesai dah pelajaran pkn

    Komentar oleh Dicky Nax Dukati — 16 Januari 2012 @ 6:58 am

  43. thanx banget deh! berkat kasus ini ak bisa ngerjain tugas tntang kasus pelanggaran HAM. skali lagi thanx so much

    Komentar oleh rosari — 17 Januari 2012 @ 7:56 am

  44. Thnkz for information GBU

    Komentar oleh Calvin Jack — 17 Januari 2012 @ 1:22 pm

  45. #

    thank’s for your information ^_^

    Komentar oleh rizal — 18 Januari 2012 @ 1:31 am

  46. MAKASIH UDH BANTU BUAT TUGAS MR.ADI “PKN”

    Komentar oleh solichati — 18 Januari 2012 @ 4:21 am

  47. mkcih,ae ats bntuan’a

    Komentar oleh edy wahyu — 19 Januari 2012 @ 6:19 am

  48. =(

    Komentar oleh Pengirim Rahasia — 19 Januari 2012 @ 8:46 am

  49. trimz yach,,
    udh d bantuin nerjakan tugaz,,

    Komentar oleh dinda — 20 Januari 2012 @ 7:16 am

  50. makasih nya udah bantuin bikin tugas pkn
    lengkap bgt :)

    Komentar oleh dhea — 20 Januari 2012 @ 7:32 am

  51. ok coy ..

    Komentar oleh daii sopiyan — 20 Januari 2012 @ 8:28 am

  52. mksih bgt udh ngebantu untuk membuat tugas

    Komentar oleh vanny ayu ramadanti — 23 Januari 2012 @ 12:17 pm

  53. bantu banget.. makasih

    Komentar oleh hanif salsabil — 24 Januari 2012 @ 9:11 am

  54. BAGUS BANGET SIH UDHA NGEBANTU AKU NGERJAIN TUGAS…

    Komentar oleh Ssasa meshaelsa septiani — 24 Januari 2012 @ 1:01 pm

  55. jangan sesekali melanggar ham

    Komentar oleh nellysa — 25 Januari 2012 @ 12:46 pm

  56. Q mohon kpd pihak2 terkait,, jgan ada lagi pelanggaran HAM yang terjadi, bila ada tolong di selesaikan,,, karna akan merugikan individu dan kelompok masyarakat tersebut,,

    Komentar oleh Erenzh Pulalo — 27 Januari 2012 @ 2:38 am

  57. jelek tau brita nya

    Komentar oleh sikin — 27 Januari 2012 @ 7:12 am

  58. terima kasih telah mengingatkan saya tentang pelanggaran HAM

    Komentar oleh muhammad jony prakoso — 28 Januari 2012 @ 9:07 am

  59. Thank y dah bantu tugas PKN.q……..

    Komentar oleh Indra — 29 Januari 2012 @ 1:59 am

  60. kwn tnjuak tgs pkn tntang pelanggaran ham please………….

    Komentar oleh istiqomah — 29 Januari 2012 @ 1:31 pm

  61. thx ya kebantu bgt nih ngerjain tugas pkn

    Komentar oleh Rafif — 30 Januari 2012 @ 1:46 pm

  62. lengkap banget selamat aku bisa nemui di sini kalu gak bisa mati ketekik ma guru ni

    Komentar oleh yusuf — 31 Januari 2012 @ 6:52 am

  63. makasih ya untuk bantuannya memberi informasi tentang pelanggaran ham di indonesia heheheh……………………… jadi mudah mengerjakan tugas :) :|] 3:) O:)

    Komentar oleh thalia amanda salsabila putri — 31 Januari 2012 @ 12:34 pm

  64. MAKASIH YA UDH NGASIH TAU TENTANG AP AJA PELANGGARAN HAM :P :D

    Komentar oleh GABBY — 1 Februari 2012 @ 12:45 am

  65. wah kasihan kannnnnn

    Komentar oleh ayu — 3 Februari 2012 @ 4:57 am

  66. thank you very much, for helping my work.
    so, I will answer my homework.

    Komentar oleh Jodyawan — 3 Februari 2012 @ 7:37 am

  67. untuk sa'[t ini sedang di jajah secara halus oleh bngsa2 barat
    embel2nya aa merdeka,, tapi realitanya kita masih terjajah

    Komentar oleh ida nur — 4 Februari 2012 @ 8:18 am

  68. saat ini negara indonesia srdang dijajah secara halus oleh bngsa2 barat

    Komentar oleh ida nur — 4 Februari 2012 @ 8:20 am

  69. mkasih y udh bntu utk ngrjain tgas pkn tentang pelanggaran ham

    Komentar oleh gina rizqi aulia — 5 Februari 2012 @ 7:01 am

  70. I BUB UYY

    Komentar oleh intan — 6 Februari 2012 @ 7:49 am

  71. HAHAY …makasih bwt tugas PKN qw yg juga bikin pusing aj ,,hehe

    Komentar oleh Bwow — 6 Februari 2012 @ 8:39 am

  72. thanks y beritanya

    Komentar oleh yudi — 6 Februari 2012 @ 10:23 am

  73. LS adalah permainan seru aku sebagai GM mempromosikan nya

    Komentar oleh fffffffff — 7 Februari 2012 @ 6:52 am

  74. SEMUANYA JANGAN SEKALIPUN KITA MELANGGAR HAM INGAT KEJAHATAN ADALAH MUSUH KITA

    Komentar oleh Adam Gunturprasada — 8 Februari 2012 @ 9:34 am

  75. kurang lengkap nihhh,,,,ibu guru ku minta nya harus banyak

    Komentar oleh adrian valentino — 8 Februari 2012 @ 11:52 am

  76. ADUH KASIHAN BANGET PARA KORBANNYA !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Komentar oleh INDAH RATNA MASITHAH — 9 Februari 2012 @ 8:01 am

  77. telaso semua

    Komentar oleh songgeng laso — 10 Februari 2012 @ 4:15 am

  78. emang pelanggaran HAM di Indonesia apa aja?

    Komentar oleh Loli — 10 Februari 2012 @ 12:49 pm

  79. akhirnya selesai jga tgs pknnya

    Komentar oleh keven hongii — 12 Februari 2012 @ 2:43 am

  80. makasihhhnya,,,,,,,,tugas pkn selesai dehh

    Komentar oleh elvira — 12 Februari 2012 @ 9:50 am

  81. saya sedihhh :P

    Komentar oleh syifa — 13 Februari 2012 @ 10:27 am

  82. duchhhh deeqqq ggmmmbbbrrr’eee

    Komentar oleh imam — 14 Februari 2012 @ 8:17 am

  83. trims dah bantu ak ngerjain tugas pkn

    Komentar oleh dionysius destya tejaning .s. — 14 Februari 2012 @ 8:58 am

  84. bagus banget beritanya

    Komentar oleh jin — 19 Februari 2012 @ 5:26 am

  85. kurang loba atuh contoh pelanggaran na .!!!

    Komentar oleh meishyya — 19 Februari 2012 @ 12:42 pm

  86. makasih untuk web ini soalnya sudah membantu aku dalam mengerjakan tugas :D

    Komentar oleh Rozein — 20 Februari 2012 @ 12:18 pm

  87. thankz bwd informasi tntang HAM …
    nge_bntu sya bwd ngerjain tugazzzz …

    thankzzz :

    Komentar oleh DirikuEiylamniezt SagklawazecLalu CaeyankPhacarr — 21 Februari 2012 @ 2:39 am

  88. Thx ya, udah ngebantu tugas pkn…

    Komentar oleh seseorang di tambun — 21 Februari 2012 @ 11:28 am

  89. makasih yah :) sudah bantu gw ngerjain pr PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN :)
    i like it :D

    Komentar oleh ANGGRIANY — 21 Februari 2012 @ 11:33 am

  90. Makasih Informasinya , Jadi Saya Bisa Mengerjakan Tugas Sekolah

    Komentar oleh Ferris — 23 Februari 2012 @ 12:25 pm

  91. Huft_.. Makasih bgt yach,. udah ngebantuin qwue ngerjain tgs

    Komentar oleh ulfa — 23 Februari 2012 @ 12:47 pm

  92. wow :D

    Komentar oleh dheniy — 23 Februari 2012 @ 1:48 pm

  93. semoga yg nglanggar cepet sadar tuwh ….. *_* ; AMIEN….

    Komentar oleh TUTY — 24 Februari 2012 @ 1:25 am

  94. emang pemerintahan di indonesia mah gak bertanggung jawab>hanya berani berbuat aja padahal gak mau tanggung jawab

    Komentar oleh wirully.o.r — 27 Februari 2012 @ 6:14 am

  95. susah

    Komentar oleh weni — 28 Februari 2012 @ 3:14 am

  96. aduh..kok kasian buanget sich

    Komentar oleh Afriza — 28 Februari 2012 @ 7:13 am

  97. . makasih udha bantu , coz aq bisa ngrjain PR pkn. .

    Komentar oleh 22111995 — 28 Februari 2012 @ 7:15 am

  98. thanks yaaa udah membantu sayaaaaaa, thanks beratttt :D

    Komentar oleh Vira Alverina — 28 Februari 2012 @ 8:27 am

  99. makasih banyak !!! aku bisa ngerjain tugas pkn qw !!!! mudahan bu tresya gak marahh !!!!

    Komentar oleh rinda kurnilawati — 29 Februari 2012 @ 10:56 am

  100. kasian……………….??

    Komentar oleh faisal — 1 Maret 2012 @ 6:29 am

  101. thanks…….very much,dah bantu buat ngerjain tugas PKN Gurunya galax benerrrr…..!!,.,

    Komentar oleh Gembel Flat — 2 Maret 2012 @ 4:28 am

  102. ko ada 5 bukan 10

    Komentar oleh sandi 37 — 3 Maret 2012 @ 5:43 am

  103. thanks ya bwat pelanggaran2 ham ny, ;)
    tpi seharusny smua tu jng pernah ada sehingga negara kita gk akan banyak masalah :)

    Komentar oleh dinda kurniatii — 4 Maret 2012 @ 1:20 am

  104. thank’z eow ozt qw bhizha ngerjainddt coal tntng pelanggarandt ham
    thank’z forver

    Komentar oleh putri suci ayuningtyas — 4 Maret 2012 @ 4:55 am

  105. wow……………

    Komentar oleh letha spega — 5 Maret 2012 @ 1:10 pm

  106. MeMuDaHkAn~My~HoMe~WoRk

    Komentar oleh dhika by bali team — 7 Maret 2012 @ 8:44 am

  107. alhamdulilah ya sesuatu ,,, tugas pkn aku dah selesai..???!!!!!!!!!

    Komentar oleh anggira — 7 Maret 2012 @ 9:42 am

  108. makazih akhirx tugas aq beres jga.

    Komentar oleh risydan jr — 8 Maret 2012 @ 12:07 pm

  109. MAKASIH YA SDH NGEBANTU NGERJAIN TUGAS BY : HANIF.HAKIKI.VII.G. SPANSAX

    Komentar oleh Hanif.h. — 9 Maret 2012 @ 6:21 am

  110. wah

    Komentar oleh hanifa nyyri — 10 Maret 2012 @ 3:01 am

  111. tanks eah….:)

    Komentar oleh febian imootz — 11 Maret 2012 @ 4:56 am

  112. trims ya. semoga bermanfaat

    Komentar oleh novi — 11 Maret 2012 @ 8:23 am

  113. bagus bgt sih info nya

    Komentar oleh FELY — 11 Maret 2012 @ 8:50 am

  114. ohh berat kali ya

    Komentar oleh AKBAR GHUCHY — 16 Maret 2012 @ 8:08 am

  115. sip banget dech buat informasi ny !!!!

    Komentar oleh siska nopyyanty — 18 Maret 2012 @ 2:40 am

  116. kenapa sih negara kita harus menderita begini, kami mohon
    STOP…!!! pelanggaran yang terjadi di indonesia ini, tolong masyarakat indonesia jangan sengsara lagi, indonesia harus bersatu untuk membasmi pelanggaran HAM. dan tetap merdeka..
    Idonesia Merdekaaa….!!!!

    Komentar oleh siska nopyyanty — 18 Maret 2012 @ 2:47 am

  117. QQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQ

    Komentar oleh WILI — 18 Maret 2012 @ 12:34 pm

  118. makasih ya:)
    membantu sekali.

    Komentar oleh Christina adiratna — 20 Maret 2012 @ 12:31 pm

  119. thanks dh mnolong qw…….
    q lega dh bsa ngrjakan tugas ppkn
    hyussssss………………………………….

    akhirx gurux dh gc bs ngomel lg

    Komentar oleh Tika — 29 Maret 2012 @ 8:55 am

  120. harus di hukum bro …

    Komentar oleh arif sukamaju — 2 April 2012 @ 6:55 am

  121. I LOVE YOU

    Komentar oleh arif sukamaju — 2 April 2012 @ 6:55 am

  122. amat …..lengkap inf000000xa…/////???

    Komentar oleh By ILham Riza — 8 April 2012 @ 5:10 am

  123. tugas selesai..

    Komentar oleh Khairil Muaddib — 15 April 2012 @ 7:46 am

  124. ya terima kasih sudah bantu aku ngerjain pr ku :-)

    Komentar oleh iksan ramadhan — 6 Mei 2012 @ 12:53 pm

  125. huuuuaaaaahhh tugas gw selesai
    tank’s gogle, dah bantu gw . . .

    Komentar oleh niko — 25 Mei 2012 @ 9:04 am

  126. 1 <3 gogle…

    Komentar oleh niko — 25 Mei 2012 @ 9:06 am

  127. ni no gw bagi yg mw
    081992761246

    Komentar oleh niko — 25 Mei 2012 @ 9:07 am

  128. aku guru di sini
    kok kalian bilang bilng guru galak
    gak ada otak kalian
    awas kalian
    saya kadukan ke forum
    karna kalian telah melakukan penyimpang
    hati hati jika di lacak kalian

    Komentar oleh syafini ningrat — 25 Mei 2012 @ 9:14 am

  129. makasih ya,,tugas qu selesai

    Komentar oleh yensi — 29 Juli 2012 @ 11:48 am

  130. panjang-panjang amat……!!!!!!!!!!!
    jadi mles’z ang mu nulis’z….!!!?? :(

    Komentar oleh imron — 20 September 2012 @ 2:45 pm

  131. huft gue belum selesai masa:/

    Komentar oleh Ma'num Olfiani — 8 Oktober 2012 @ 5:18 am

  132. kok aneh sih….

    Komentar oleh novel — 1 November 2012 @ 11:55 am

  133. makasih,smga para koruptor bsa sdar?

    Komentar oleh Suryanto Gembel'djava — 5 November 2012 @ 7:24 am

  134. manusia gk ada habis” nya bikin masalah

    Komentar oleh Begundal Glempo — 12 November 2012 @ 11:57 pm

  135. usum keneh bikin onar?

    Komentar oleh Begundal Glempo — 12 November 2012 @ 11:58 pm

  136. terimaksih, informasinya sangat lengkap

    Komentar oleh dewiernawati — 26 November 2012 @ 9:14 am

  137. thanks info nya :)

    Komentar oleh putrii — 2 Desember 2012 @ 7:26 am

  138. terlalu banyak membuat saya bingung hehehehe

    Komentar oleh butet — 9 Januari 2013 @ 1:12 pm

  139. is not to comment

    Komentar oleh dian desriani gajah — 14 Januari 2013 @ 1:23 pm

  140. ham ringannya mana coba?

    Komentar oleh fatharani nabilah — 18 Januari 2013 @ 2:08 pm

  141. yg salah harus di hukum,SETUJU ? ? ?

    Komentar oleh ANI SATUN ZAHRO — 20 Januari 2013 @ 3:03 am

  142. makasih gue dah selesai ni tugas pkn nya

    Komentar oleh gilang — 22 Januari 2013 @ 10:55 pm

  143. kakak yg bikin ini agamanya kristen y?

    Komentar oleh The Justice Defender — 27 Januari 2013 @ 2:34 am

  144. isi nya bagus, lumayan buat tugas PKn di sekolah, terima kasih banyak y kakak yg bikin :)

    Komentar oleh The Justice Defender — 27 Januari 2013 @ 2:51 am

  145. setop untuk melanggar ham yang ada di indonesia

    Komentar oleh anis — 27 Januari 2013 @ 9:09 am

  146. ㅅㄷ갸ㅡ맘냐ㅗ ㅁㅅㅁㄴ ㅑㅜ래금냐ㅜㅛㅁ, ㄴ묨 ㅡ둼야 ㅠㅑㄴㅁ ㅡ둫ㄷ거마무 ㅡ마미모 ㅕㅜ셔ㅏ ㅔ디멈ㄱ뭏 (ㅔㅏㅜ)……
    소무ㅏㄴ ㅛㅐㅕ. . . . . .

    Komentar oleh AKMAL_29 — 8 Februari 2013 @ 1:01 pm

  147. Uuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu cacian banget ci korban atut tpi makasih ya udah bantuin ngerjain tugas

    Komentar oleh irut — 11 Februari 2013 @ 4:25 am

  148. akhirnay slesai juga deh tugas PKN gwe:D(y)

    Komentar oleh rahma — 11 Februari 2013 @ 11:04 am

  149. hahah,,,,,

    Komentar oleh quratul aini — 17 Februari 2013 @ 10:17 am

  150. apa ajh sich pelangaraan ham itu

    Komentar oleh anggun — 25 Februari 2013 @ 8:41 am

  151. thanks yeeeee ,, tugas gue udh selesaiiiiiiii

    Komentar oleh eva — 23 Maret 2013 @ 12:14 pm

  152. thanks bangeett yak ,,
    tugas gue udh selesai , soal nya guru pkn gua galak , kilerrr !!! lope bangat dah ama yg punya blok :*

    Komentar oleh aulia mbreww — 23 Maret 2013 @ 12:16 pm

  153. thanks udh bkn blog ni,,,,jd ngbantu buat ngrjain tugas,,, :) :D

    Komentar oleh fitra — 16 April 2013 @ 7:42 am

  154. makasih ya sudah membantu pemahaman saya dan makasih juga karena telah membantu untuk mengerjakan pr saya….. :D

    Komentar oleh Hafidza Rahma — 24 Agustus 2013 @ 5:21 am

  155. , wolez aja

    Komentar oleh ardi — 3 September 2013 @ 2:22 am

  156. jempol aja …..

    Komentar oleh semplah — 31 Oktober 2013 @ 5:06 pm

  157. makasih ya tlh bantu aku membantu tugas pkn

    Komentar oleh aldo — 15 Februari 2014 @ 12:40 pm

  158. makasih ya udah bantuin ngerjain PKN

    Komentar oleh rasya — 26 Februari 2014 @ 12:35 pm

  159. terima kasih udah bisa buat tugas

    Komentar oleh wulan — 17 Maret 2014 @ 3:47 am

  160. MAKASIH SAYA BISA MENGERJAKAN PR SAYA :D

    Komentar oleh ade novit saputra — 27 April 2014 @ 1:36 pm

  161. aduh kok gak ada tanggalnya

    Komentar oleh cerettalaboybeliboy@yahoo.com — 28 April 2014 @ 12:23 pm

  162. Sama-sama

    Komentar oleh donaemons — 4 Mei 2014 @ 4:30 pm

  163. Sama-sama
    saya senang bisa membantu

    Komentar oleh donaemons — 4 Mei 2014 @ 4:32 pm

  164. Saya senang bisa membantu

    Komentar oleh donaemons — 4 Mei 2014 @ 4:32 pm

  165. sama-sama

    Komentar oleh donaemons — 4 Mei 2014 @ 4:33 pm

  166. DUa jempol buat lo

    Komentar oleh donaemons — 4 Mei 2014 @ 4:33 pm

  167. saya mencari tugas sagat muhah terimakasih google

    Komentar oleh ikbal — 8 Juni 2014 @ 1:31 pm

  168. infonya membantu bingit buat tugas PKN!!!!!! :)

    Komentar oleh dinda — 9 Agustus 2014 @ 8:00 am

  169. Terima Kasih udah nge bantu saya buat ngerjain tugas

    Komentar oleh Dhita — 20 Agustus 2014 @ 12:10 am

  170. Sama-sama

    Komentar oleh donaemons — 23 Agustus 2014 @ 1:57 am

  171. Sama-sama

    Komentar oleh donaemons — 23 Agustus 2014 @ 1:57 am

  172. kembali kasih

    Komentar oleh donaemons — 23 Agustus 2014 @ 1:58 am


Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The Banana Smoothie Theme. Blog pada WordPress.com.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: