donaemons blog

17 Januari 2009

Arah Kiblat

Filed under: tulisan baru — donaemons @ 12:46 pm

MENGOREKSI ARAH KIBLAT VIA GOOGLE EARTH

Kemajuan teknologi sangat membantu mempermudah aktivitas kehidupan manusia dan sangat terasa manfaatnya bagi kita. Salah satu contohnya adalah dengan munculnya sebuah aplikasi buatan Google yang berupa Google Earth. Kini, dengan adanya Google Earth seolah-olah bola bumi bisa berada dalam genggaman tangan, dalam layar monitor komputer kita.

Yah, informasi ini mungkin telah basi atau sudah jamak diketahui publik. Namun apa salahnya bila saya hendak menulisnya kembali. Siapa tahu sebagian diantara anda malahan belum pernah menyentuh aplikasi perambah bola bumi, Google Earth.

Dengan Google Earth kita sebagai umat muslim bisa mengecek apakah arah kiblat sholat kita sudah benar sesuai menghadap ke kiblat di Ka’bah yang terletak Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi. Sesuai dengan data GPS pada Google Earth, Ka’bah terletak pada posisi 21° 25′ 21.07″ LU, 39° 49′ 34.38″ BT.

Nah, Sekarang saya hendak menguji keakuratan arah kiblat dari Masjid Manarul Ilmi ITS Surabaya. Dengan menggunakan Google Earth kita bisa tahu bahwa Masjid kebanggaan kampus ITS Surabaya ini terletak pada posisi 7° 16′ 56.35″ LS, 112° 47’34.64″ BT.

Langkah-langkah pengujiannya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan komputer anda telah terinstal software Google Earth. Jika belum terinstal anda bisa mendownloadnya disini. Lalu, pastikan juga komputer memiliki akses internet yang cukup sehingga anda bisa nyaman menggunakan aplikasi ini nantinya.

2. Setelah aplikasi bisa dibuka, langsung saja lakukan pencarian posisi terhadap masjid yang anda tentukan untuk diuji arah kiblatnya. Dalam kasus ini adalah Masjid Manarul Ilmi ITS Surabaya. Anda bisa melakukan pencarian manual atau bisa dengan mengetikkan posisi koordinatnya pada panel ‘Search > Fly to’ seperti pada gambar di bawah ini. Ketik 7 16′ 56.35″S, 112 47’34.64″E dan tekan tombol search. Maka anda akan dibawa terbang menuju sasaran. Dan di panel ‘Place’ akan tersimpan lokasi pencarian sesuai koordinat tersebut.

3. Setelah menemukan lokasi yang telah anda tentukan tadi, maka tandai lokasi tersebut dengan menu ‘Add > Placemark’ dan simpan. Pastikan nama lokasi tersebut muncul pada panel Place.

4. Ulangi langkah 2 dan 3 untuk mencari Ka’bah di Mekkah dengan mengetikkan 21 25′ 21.07″N, 39 49′ 34.38″E dan tekan tombol search. Lalu simpan lokasi tersebut sehingga muncul pada panel Place.

5. Pilih menu ‘Tools > Ruler’, lalu klik pada Ka’bah tadi sehingga akan ada titik pada Ka’bah dan sebuah garis lurus pada titik tersebut dengan cursor atau pointer yang bergerak sesuai dengan gerak mouse anda. Fungsinya adalah menentukan jarak lurus antara dua lokasi berbeda. Yang kita gunakan adalah garis lurus tersebut antara Ka’bah sebagai kiblat sholat umat Islam dengan masjid yang kita tentukan tadi.

6. Kemudian double klik pada nama lokasi Masjid yang telah kita simpan pada panel Place. Maka anda akan dibawa terbang menuju lokasi Masjid tersebut.

7. Setelah sampai pada posisi masjid, kemudian klik pada masjid tersebut. Maka sebuah garis lurus akan tampak. Nah, itu adalah garis lurus yang diambil dari lokasi dimana cursor atau pointer tersebut berada dengan posisi Ka’bah tadi. Garis tersebut bisa dipahami sebagai arah kiblat menuju Ka’bah. Kita juga bisa melihat jarak lurus antara Ka’bah dengan masjid tersebut. Dari pengamatan saya jarak Ka’bah dengan Masjid Manarul Ilmi ITS Surabaya adalah sejauh 8569,84 km.

8. Nah, sudah sesuaikah arah kiblat masjid yang anda tentukan tadi???

Selamat mencoba! Dengan Google Earth anda juga bisa melihat apakah posisi Tugu Khatulistiwa di kota Pontianak berada tepat persis pada koordinat lintang 0°??? Atau anda bisa juga mengetahui posisi koordinat rumah anda, kantor atau apapun….

Ada yang berani menulis posisi koordinat rumah, kantor atau dimana tempat anda biasa nongkrong di kolom komentar posting ini?? Hehehehe….

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: