donaemons blog

7 Juni 2010

NUSANTARA

Filed under: tulisan baru — donaemons @ 2:53 pm

indonesia memiliki banyak pulau. pulau di Indonesia +/- 18.110 pulau, ada yang sudah mempunyai nama, ada yang belum. pulau yang sudah mempunyai nama  6.044 buah, sedang yang belum mempunyai pulau 931 buah. dalam bahasa jawa kuno, Pulau disebut juga nusa. istilah nusa serin dikaitkan dengan NUsantara. nusantara adalah sebutan bagis eluruh wilayah Indonesia yang terdiri atas pulau-pulau, baik besar ataupun kecil. pada masa lalu, kepulauan indonesia disebut dengan aneka nama. bangsa China menyebut kepulauan indonesia sebagai Nan-Hai (kepualuan laut selatan), bangsa india menyebut Dwipantara (kepulauan tanah seberang), sedang bangsa arab menyebut tanah air kita ngan nama Jaza’ir Al-Dawi (kepulauan jawa).

bangsa eropa yang pertama kali datang ke Asia menyebut tanah air kita sebagai kepulauan Hidia dan pada zaman penjajahan Belanda, nama resmi untuk menyebut tanah iar kita adalah Hindia-Belanda. sedang pemerintah jepang menyebut tanah iar kita dengan To-Indo atau hindia timur. pada tahun 1920-an, seorang tokoh bernama Ernest Francois Eugene Douwes Dekker

yang dikenal dengan sebutan Setia Budi, memperkenalkan nama “Nusantara”

yang artinya nusa diantara 2 benua dan 2 samudra. sampai hari ini, istilah nusantara tetap dipakai untuk menyebutkan wilayah tanah air dari Sabang sampai Merauke.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: