donaemons blog

2 Februari 2009

Google Mengalami Masalah Aneh Kemarin Malam

Filed under: tulisan baru — donaemons @ 2:11 pm

Kemarin malem sekitar jam 20:00 waktu lagi searching menggunakan Search Engine favorit gue Om Google, tiba-tiba gue dapetin hasil di pencarian gue tertulis dibawahnya “Situs ini mungkin berbabaya bagi komputer anda” atau “this site may harm your computer“. Gue jadi gak berani nge-klik hasil pencarian tersebut, karena peringatan itu muncul karena situs tersebut mengandung program virus, spam, atau illegal yang dapat merusak sistem komputer kita. Apa yang sebenarnya terjadi? Mengapa semua hasil pencarian gue adalah situs yang berbahaya bagi komputer saya?

Dari blog resmi Om Google, sejam setelah error itu terjadi, Om Google langsung menyatakan permintaan maaf karena terjadi error atau kesalahan selama lebih kurang 55 menit (6.30 a.m PST – 7.25 a.m PST), untuk waktu Indonesia ditambah selisihnya 13 jam dari California.

Berikut saya kutip dari blog offisial Google:

Jika Anda melakukan searching dengan Google antara 6.30 a.m hingga 7.25 a.m (PST), Anda akan melihat pesan di setiap hasil pencarian Anda bertuliskan “This site may harm your computer”. Ini murni error, dan kami meminta maaf kepada pemakai google atas ketidaknyamanan ini. Apa yang terjadi? Sangat sederhana, human error (kesalahan manusia).

Setiap hasil pencarian Google selalu menyertakan pesan “This site may harm your computer” jika situs yang dituju terdeteksi mengandung program atau software jahat/virus/sejenisnya yang tersembunyi. Kami (Google) melakukan hal ini untuk melindungi penggunanya untuk menghindari mengunjung situs tersebut yang dapat membahayakan komputernya. Google mencantumkan situs-situs yang berbahaya (nakal) tersebut secara manual dan otomasi mesin. Google secara sukarela mengerjakannya melalui StopBadware.org secara rutin untuk mencantumkan daftar situs yang dimaksud, dan berusaha untuk membersihkan situs tersebut dari webmaster.

Google secara periodik mengupdate dan merilis update daftarnya seperti yang dilakukan pada pagi hari ini (tadi malam waktu Indonesia). Sialnya (dan karena human error), URL ‘/’ salah dipersepsi nilai dalam file dan ‘/’ menyebar ke semua URL. Untungnya, Tim situs on-call yang handal kami mampu menemukan masalahnya dengan cepat dan memperbaiki filenya kembali. Sejak kami mengedarkan update daftar situs ‘nakal’, kesalahan atau error muncul antara 6.27 dan 6.40 a.m dan kembali muncul pada jam 7.10 – 7.25 a.m. Sehingga total waktu erornya sekitar 40 menit.

Terima kasih kepada tim kami yang berhasil menyelesaikan masalah ini dengan cepat. Dan sekali lagi, kami meminta maaf atas ketidaknyaman pagi ini (malam di Indonesia), dan [terutama] pada owner atau pemilik situs yang kami rujuk. Kami akan lebih hati-hati untuk menginvestigasi kejadian ini dan menaruh lebih banyak file handal untuk menghindari kasus tersebut terjadi kembali.

Terima kasih atas pengertiannya.

1 Komentar »

  1. Ulasan keren soal busana muslim ini keren banget.
    Bagus banget dan penting. Setiap orang yang pakai ataupun lagi mencari
    busana muslim seperti koko dan gamis di Indonesia perlu baca tulisan ini.
    Mampir juga situs saya ya, ada artikel menarik yg pasti berguna bagi para pengguna busana muslim dari Baju Muslim Keke.

    Terima kasih.

    Komentar oleh busana muslim — 28 Mei 2016 @ 7:44 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan komentar